Pemerintah Siap Revisi Target Penurunan Stunting Jika Tak Tercapai

Estimated read time 2 min read

Pernyataan dan Strategi Pemerintah

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, menegaskan komitmen pemerintah dalam menangani masalah stunting di Indonesia. Dalam penyampaiannya di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, pada Kamis, 13 Juni 2024, Muhadjir menyebutkan bahwa pemerintah siap revisi target penurunan stunting prevalensi stunting bila tidak tercapai. Target pemerintah saat ini adalah menurunkan angka stunting menjadi 14 persen hingga akhir tahun 2024. Walaupun target ini dinilai maksimal dan ambisius, pemerintah tetap berharap dapat mencapainya.

Muhadjir Effendy menjelaskan bahwa strategi utama untuk mencapai target tersebut melibatkan berbagai program intervensi yang komprehensif. Program-program ini meliputi peningkatan akses terhadap gizi yang seimbang, perbaikan sanitasi, dan peningkatan edukasi mengenai pentingnya kesehatan ibu dan anak sejak masa kehamilan.

Lebih lanjut, Menko PMK juga menekankan pentingnya kolaborasi dengan pemerintah daerah serta sektor swasta dalam upaya menurunkan angka stunting. Pemerintah daerah diharapkan dapat mengambil peran lebih aktif dalam mengimplementasikan program-program yang telah dirancang oleh pemerintah pusat.

Revisi ini dilakukan untuk memastikan bahwa upaya penanganan stunting tetap berkesinambungan dan dapat memberikan hasil yang optimal bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Menurunkan Stunting

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, menegaskan bahwa target penurunan stunting sebesar 14 persen pada tahun mendatang adalah realistis, meskipun cukup ambisius. Beliau menyebutkan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, upaya penurunan stunting telah menunjukkan kemajuan yang signifikan. Pemerintah telah menyadari bahwa penurunan prevalensi stunting adalah proses yang memerlukan waktu dan upaya berkelanjutan.

Data terbaru menunjukkan adanya tren penurunan stunting secara bertahap, mencerminkan efektivitas berbagai program dan kebijakan yang telah diterapkan. Optimisme pemerintah untuk mencapai target tersebut didasarkan pada kemajuan yang telah dicapai sejauh ini.

Pemerintah juga bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk lembaga internasional, organisasi non-pemerintah, dan sektor swasta, untuk memperkuat upaya penurunan stunting. Melalui kolaborasi ini, diharapkan dapat tercipta sinergi yang mampu mempercepat proses penurunan angka stunting di Indonesia.

You May Also Like

More From Author